Idler Arm Komponen Sistem Kemudi dan Inspeksi Steering System
Idler Arm Komponen Sistem Kemudi dan Inspeksi Steering System - Idler Arm seperti yang tampak pada gambar Steering system (sistem Steering (kemudi) terdapat sebuah steering box jenis worm. Perubahan 90 derajat dalam arah gerakan ini juga memberikan pengurangan gear. Dihubungkan oleh linkage ke idler arm dan ke roda-roda dan Steering box dilengkapi dengan pitman arm.
Diposisikan sejajar dengan pitman arm pada steering box selain Sistem dilengkapi dengan sebuah idler arm yang dipasang pada subframe. Setiap gerakan pitman arm direlai/diteruskan secara langsung ke idler arm dan Track rod menghubungkan kedua komponen ini.
Gerakan pitman arm ditransfer oleh track rod dan tie rod menjaga gerakan pengemudian dan suspensi dan tie rod menghubungkan track rod ke steering arm pada steering knuckle. Dengan suspensi depan independen Idler arm dibutuhkan pada kendaraan-kendaraan.
Inspeksi Steering System (Sistem Kemudi)
Lakukan inspeksi pada kendaraan untuk mengetahui apakah masih layak-jalan bila masalah pada steering (kemudi) timbul seperti steering (kemudi) dan jika perlu. Menumpang bersama pengemudi dan pastikan masalah steering (kemudi) dengan menguji-coba (test drive) kendaraan.
Lakukan test drive terhadap kendaraan tersebut dalam keadaan dimuati beban bila masalah tersebut terjadi hanya bila kendaraan sedang memuat beban. Sebelum beralih ke kemungkinan yang lebih rumit periksa penyebab sederhana setelah masalah dipastikan.
Steering (kemudi) yang terasa berat dan lakukan pemeriksaan berikut ini dengan urutan yang ditentukan bila terjadi aus yang cepat pada ban Setelah masalah dipastikan. menunjukkan adanya suatu masalah di dalam steering system (sistem Steering (kemudi) atau pengemudian yang tidak menentu.
- Ban yang kurang angin dapat menyebabkan steering (kemudi) yang terasa berat dan Periksa apakah ban depan memiliki ukuran dan model yang sama serta Pastikan tekanan angin dalam ban sama dan cukup.
- Pastikan bahwa roda kelima dilumasi dengan memadai bila masalah pada steering (kemudi) terjadi hanya bila kendaraan sedang diberi muatan.
- Steering arm, bushing, dan komponen-komponen lain yang menopang gerakan Pitman arm ke steering knuckle dan Steering linkage terdiri dari tie rod dan Periksa steering linkage apakah ada komponen-komponennya yang longgar, rusak atau aus. Dari titik perhentian ke titik perhentian roda harus berputar dengan mulus.
- Apakah ada bagian-bagian yang aus atau rusak seperti komponen upper steering column, Inspeksi drag link dan steering driveline.
- Terutama universal joint, sudah dilumasi dengan memadai dan pastikan bahwa komponen-komponen steering driveline.
- Seperti sudut caster, sudut chamber, dan toe-in perlu Periksa kesejajaran front axle whee juga setelan wheel bearing.
- Dapat menyebabkan steering (kemudi) menjadi tidak menentu dan berat sehingga perlu Periksa axle alignment belakang dari ketidaklurusan as roda belakang dan sejajarkan letak as roda belakang bila perlu.
- Apakah ada bagian-bagian yang aus atau rusak sehingga diperlukan Inspeksi suspensi as roda depan.
- Hingga gerakan terlihat pada roda-roda putar roda steering (kemudi) dengan roda-roda depan straight ahead (lurus kedepan). Putar secara perlahan ke arah yang berlawanan hingga gerakan terlihat lagi pada roda-roda dan sejajarkan tanda acuan pada roda steering (kemudi) dengan tanda pada penggaris dan steering (kemudi)an.
Pada roda steering (kemudi) ukur celah (lash)/(freeplay) dan jika gerakan roda steering (kemudi) melebihi akan terjadi terlalu banyak celah (lash) dan melebihi :
- 23/4 inci untuk roda steering (kemudi) 22 inci
- 21/4 inci untuk roda steering (kemudi) 20 inc
10. Putar roda steering ke kiri sepenuhnya dan ke ke kanan sepenuhnya. steering axle akan berhenti tanpa interferensi yang mengikat ataupun interferensi yang dapat terlihat bila roda-roda depan tidak berbelok ke kanan dan ke kiri. Mungkin menjadi penyebabnya satu atau lebih dari yang berikut ini.
- Worm shaft bearing atau roller shaft mesh disetel terlalu kencang.
- Worm shaft bearing atau worm shaft bearing sudah aus atau rusak.
- Roller shaft sudah aus atau rusak.
11. Dalam posisi steering (kemudi) straight ahead (lurus kedepan) tetapkan roda steering (kemudi). Dari sisi ke sisi gerakan roda-roda depan. di dalam steering gear bearing akan terasa di dalam drag link ball stud pada Pitman arm dari setiap kelonggaran (play). Akan lakukan penyetelan bila terjadi kelonggaran bearing dengan urutan sebagai berikut:
- Setel worm shaft bearing.
- Setel roller shaft total mesh preload.
12. Turunkan kendaraan, dan lepaskan ganjal roda serta lepaskan penopang pengaman (safety stand).
Demikian Idler Arm Komponen Sistem Kemudi dan Inspeksi Steering System. Semoga bermanfaat.
BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA
Halaman Berikutnya
0 Response to "Idler Arm Komponen Sistem Kemudi dan Inspeksi Steering System"
Posting Komentar