Komponen Sistem Kemudi Tie Rod dan Ujung Tie-rod (Tie-rod End)
Komponen Sistem Kemudi Tie Rod dan Ujung Tie-rod (Tie-rod End) - Steering knuckle di sisi penumpang dilakukan melalui penggunaan perangkat tie-rod atau track rod dengan cara untuk mentransfer gerakan pengemudian ini ke sisi yang berlawanan dan Steering arm atau tuas (lever) mengendalikan gerakan steering knuckle di sisi pengemudi.
Baca artikel : Steering Damper Komponen Sistem Kemudi
Melalui kedua steering knuckle sehingga keduanya berfungsi secara bersamaan melalui Tie rod yang menghubungkan dan disebut juga cross tube rakitan tie-rod.
Dan dua ujung tie rod rangkaian ini terdiri dari sebuah tie rod dan pada ujung bawah steering knuckle Ackerman arm dibautkan dengan kuat. Dari beberapa pabrik pembuat menyebut Ackerman arm sebagai tie rod arm. Sedangkan Tie rod merupakan sebuah batang atau tabung baja panjang yang membujur sejajar dengan as roda depan.
Menghubungkannya ke socket joint (sambungan soket) di dalam Ackerman arm Ball joint (yang disebut ujung tie rod) pada salah satu ujung tie-rod. Akan ditransfer oleh tie-rod arm melalui tie-rod ke Ackerman arm dan steering knuckle yang berlawanan bila gerakan pengemudian diberikan pada steering knuckle di sisi pengemudi seperti yang tampak pada gambar.
Ujung Tie-rod (Tie-rod End)
Terdiri dari bola baja tempa dengan stud berulir yang dipasangkan padanya pada ujung tie - rod yang terdiri dari rangkaian ball dan socket seperti yang tampak pada gambar. Ball stud bergerak berputar untuk memberikan kebebasan bergerak dan Sebuah socket shell menjepit bola tersebut.
Di dalam steering linkage Ball joint juga digunakan untuk sambungan-sambungan lain sehingga memungkinkan gerakan bersudut dapat dilakukan dan dalam arah memanjang dan vertikal tetapi bukan free play.
(A) Ball joint tetap, (B) Tie-rod end dapat tetap atau dapat disetel
Seperti yang tampak pada gambar Ujung tie rod dapat tetap serta dapat disetel. Sedangkan untuk menghubungkan linkage karena memberikan gerakan yang hampir tidak terbatas dalam semua arah tanpa kelonggaran sedikitpun fungsi dari ball Joint.
Demikian Komponen Sistem Kemudi Tie Rod dan Ujung Tie-rod (Tie-rod End). Semoga bermanfaat.
BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA
Halaman Berikutnya
0 Response to "Komponen Sistem Kemudi Tie Rod dan Ujung Tie-rod (Tie-rod End)"
Posting Komentar