Kemiringan Poros Roda Steering Slip Angle Dan Toe-In/Toe-Out
Kemiringan Poros Roda Steering Slip Angle Dan Toe-In/Toe-Out - Seperti yang tampak pada gambar slip angle merupakan Istilah lain yang umum digunakan ketika mempertimbangkan faktor penjajaran roda (wheel alignment factor).
Disebabkan oleh ban yang mengikuti suatu garis yang berbeda disekitar suatu pojokan ke garis yang diikuti oleh kendaraan dan Ini adalah ukuran besaran defleksi pada ban yang meluncur.
Disebabkan oleh ban yang mengikuti suatu garis yang berbeda disekitar suatu pojokan ke garis yang diikuti oleh kendaraan dan Ini adalah ukuran besaran defleksi pada ban yang meluncur.
Baca Juga artikel : Kemiringan Poros Roda Steering Include Angle dan Scrub Radius
Slip angle sebagai akibat aksi gaya samping (side force) ban
Jalur actual yang diikuti oleh jejak (footprint) ketika berbelok dan Slip angle juga didefinisikan sebagai sudut antara garis tengah ban yang sebenanya. Mengenai keadaan kendaraan ketika berbelok dan dipengaruhi oleh gaya menyamping pada ban Slip angle memberikan umpan balik kepada pengemudi juga mengenai ebar rim (velg) yang digunakan untuk ban dan konstruksi ban dan tekanan ban.
TOE-IN/TOE-OUT
Dari posisi straight ahead (lurus kedepan) yang benar dan Toe adalah sudut yang dibentuk oleh ban. Besarnya penyimpangan antara kedua garis menunjukkan sudut toe ban tersebut bila sebuah garis ditarik melalui garis tengah ban dan dibandingkan dengan garis tengah kendaraan (posisi straight ahead (lurus kedepan) yang benar).
Seperti yang tampak pada gambar tersebut maka sudut toe sama dengan nol (zero toe) apabila garis tengah ban sejajar dengan garis tengah kendaraan.
Sedangkan jika ban tersebut memiliki toe-in bila ujung depan ban menunjuk ke dalam ke arah kendaraan dan maka ban tersebut memiliki toe-out bila ujung depan ban menunjuk ke luar menjauh dari kendaraan seperti yang tampak pada gambar berikut ini :
Semua roda harus sejajar satu dengan yang lainnya untuk menghindari lecet bila suatu kendaraan berat sedang bergerak di sepanjang jalan. Biasanya kita perlu menyetel sedikit toe (toe-in atau toe-out) ketika kendaraan sedang tidak bergerak untuk memperoleh kondisi ini. Steering (kemudi) an mengimbangi toe-out atau toe-in yang terjadi ketika kendaraan bergerak, Terjadinya perubahan ini disebabkan oleh:
- Resistensi meluncur ban.
- Torque (torsi) kesejajaran otomatis pada ban.
- Chamber yang disebabkan oleh caster.
- Torque (torsi) putar disekeliling king pin yang disebabkan oleh scrub radius.
- Distorque (torsi) suspensi selama pengereman.
- Caster yang disebabkan oleh distorque (torsi) ban.
- Chamber.
- Caster ketika berbelok.
- Kemiringan poros roda steering (kemudi) ketika berbelok.
- Toe-out ketika berbelok.
Demikian Kemiringan Poros Roda Steering Slip Angle Dan Toe-In/Toe-Out. Semoga Bermanfaat.
BERITA LENGKAP DI HALAMAN BERIKUTNYA
Halaman Berikutnya
0 Response to "Kemiringan Poros Roda Steering Slip Angle Dan Toe-In/Toe-Out"
Posting Komentar